Apple Rilis Update Untuk Tutup Celah Jailbreak iOS 12.4

Minggu lalu, Apple secara tidak sengaja menyediakan celah keamanan yang sudah ditambal pada perangkat iOS versi 12.4. Celah keamanan atau "bug" tersebut ditemukan oleh seorang karyawan Google yang bernama Ned Williamson yang mencoba untuk membobol iPhone XR miliknya sendiri.

Kode untuk melakukan jailbreak tersebut disebabkan di dunia maya secara gratis oleh akun @pwn20wnd sehingga perangkat iOS versi 12.4 dapat menjadi lebih longgar sistem keamanannya seperti dipasangi aplikasi non-AppStore.

Menanggapi hal tersebut, Apple akhirnya meluncurkan Emergency Patch terbaru untuk menambal celah tersebut. Pembaruan iOS dengan versi 12.4.1 yang bertujuan utama untuk memperbaiki sistem Kernel pada iOS. Adapun masalah sistem Kernel yang ditemukan Apple berbunyi:

"Aplikasi berbahaya mungkin dapat menjalankan sembarang kode dengan seizin sistem, masalah ditangani dengan perbaikan manajemen memori," kata pihak Apple.

Apple Rilis Update Untuk Tutup Celah Jailbreak iOS 12.4

Walaupun begitu, Apple tidak membeberkan secara terperinci apa saja yang yang mereka perbaharui selain celah jailbreak diatas. Berdasarkan informasi dari situs Apple, pembaharuan tersebut sudah dirilis pada Senin lalu.

Ponsel yang akan mendapatkan pembaharuan ini adalah ponsel iPhone 5S keatas hingga produk generasi terbaru iPhone, iPad Air hingga generasi terbaru dan iPd Touch generasi keenam.

Pengguna yang memiliki perangkat iOS dengan versi 12.4 disarankan oleh Apple untuk segera memperbaharui iOS yang mereka miliki ke versi 12.4.1 melalui Software Update yang berada di dalam Settings.

Selain memperbarui versi dari iOS, Apple juga mengucapkan terima kasih kepada Ned yang menemukan celah tersebut.

Tidak lupa, akun @pwn20wnd dihargai oleh Apple karena telah mengembangkan teknik yang dapat digunakan untuk membobol iPhone yang menggunakan iOS 12.4

Post a Comment