Smartphone Pertama Asal Afrika Akhirnya Dirilis

Sebuah perusahaan teknologi asal Rwanda, Mara Group akhirnya merilis dua model smartphone. Istimewanya, produk tersebut menjadi duo ponsel pintar pertama yang dibuat sepenuhnya di Afrika.

Kedua smartphone tersebut adalah Mara X dan Z yang menggunakan sistem operasi Android. Baik Mara X dan Z merupakan smartphone untuk menengah kebawah.

Mara X dibanderol 190 dollar AS sementara Z dijual dengna harga 130 dollar AS. Duo smartphone ini akan menjadi pesaing dari Samsung yang djual dengna harga 54 dollar AS.

Meskipun smartphone yang mereka miliki dijual dengan harga yang cukup mahal dibandingkan kompetitor, CEO Mara Group, Asish Thakkar yakin bahwa produk buatan perusahaannya dapat laris terjual.

Menurut Thakkar, target pasar dari smartphone yang mereka buat adalah konsumen yang ingin membayar lebih tinggi untuk barang yang berkualitas tinggi.

Smartphone Pertama Asal Afrika Akhirnya Dirilis

"Ini adalah smartphone asli Afrika pertama," kata Thakkar.

Proses pembuatan dari ponsel ini melibatkan Mesir, Ethiopia, Afrika Selatan dan Aljazair dengan sebagian besar komponen berasal dari jalur impor.

"Kami sebenarnya adalah yang pertama melakukan perakitan. Kami membuat motherboardnya serta sub-board ketika proses perakitan tengah berlangsung. Ada lebih dari seribu per ponsel," lanjutnya.

Thakkaar mengatakan bahwa pembuatan pabrik ponsel ini menelan biaya hingga 24 juta dollar AS. Kapasitas produksinya adalah 1.200 unit per hari.

Thakkar juga mengharapkan bahwa Mara Group dapat memperoleh keuntungan dari Perjanjian Perdagangna Bebas Afrika. Perjanjian ini merupakan kebijakan yang akan membentuk blok perdagangan bebas antara 55 negara yang ada di Afrika untuk meningkatkan perekonomian negara di seluruh Afrika.

Post a Comment