Sudah 45 Ribu Perangkat Android Yang Terinfeksi Oleh Malware xHelper

Beberapa bulan terakhir ini, rangkaian malware Android baru telah membuat perusahaan antivirus menyebarkan beragam peringatan kepada para penggunanya.

Malware ini memiliki mekanisme instal ulang otomatis dan tidak dapat dihapus dari perangkat secara manual. Malware terbaru yang ditemukan adalah malware yang diberi nama xHelper yang ditemukan pertama kali pada Maret lalu.

Secara perlahan, malware ini telah menyebar ke lebih dari 32 ribu perangkat hingga bulan Agustus dan dilaporkan telah meningkat lebih cepat menjadi 45 ribu per bulan ini.

Menurut laporan dari Symantec, xHelper rata-rate menginfeksi 131 korban baru setiap harinya dengan total 2.400 korban baru per satu bulan.

Sudah 45 Ribu Perangkat Android Yang Terinfeksi Oleh Malware xHelper

Sebagian besar malware ini menginfeksi perangkat Android yang berlokasi di Amerika Serikat, Rusia dan beberapa wilayah di Asia seperti Singapore dan India.

Menurut Malwarebytes, malware ini mengarahkan para korban ke laman situs yang berisikan aplikasi Android. Ketika didalam situs ini, pengguna akan diarahkan untuk menginstal aplikasi Android yang tidak resmi diluar Play Store.

Tanpa disadari oleh pengguna, malware ini telah disisipkan kode khusus oleh pembuatnya yang akan membuat xHelper diinstal secara langsung sebagai layanan yang terpisah ketika memperoleh akses ke perangkat.

Walau telah menghapus aplikasi yang terinfeksi, xHelper akan tetap berada didalam perangkat Android. Trojan ini akan tetap aktif diperangkat pengguna dan melakukan spamming iklan dan notifikasi pada layar Smartphone atau tablet yang telah diinfeksinya.

Walaupun xHelper telah dihapus dan di nonaktfikan dari opsi "Install Apps From Unknown Sources". malware ini akan tetapi aktif kembali dan menginfeksi dalam hitungan menit.

Pada postingan Symantec di situs terpercaya miliknya, trojan akan terus berevolusi dengan melakukan update secara teratur pada perangkat Android.

Hal ini dapat menjelaskan mengapa beberapa antivirus dapat menghapus xHelper secara efektif sedangkan yang lainnya tidak.

Post a Comment