WhatsApp Hadirkan Fitur Fingerprint Lock Pada Update Terbarunya Untuk Versi Android

Setelah sempat hadir dengan WhatsApp versi beta beberapa bulan lalu, fitur fingerprint lock pada aplikasi WhatsApp akhirnya telah dapat di jajal oleh pengguna secara luas.

Fitur ini merupakan fitur yang membuat pengguna dapat mengunci aplikasi WhatsApp dan kunci tersebut hanya dapat dibuka dengan memindai sidik jari. Dengan catatan, smartphone yang dimiliki memiliki sensor fingerprint.

Esensi dari fitur ini adalah untuk melindungi privasi para pengguna dimana percakapan pribadi hanya dapat dilihat oleh pemilik ponsel tersebut.

Sejauh ini, WhatsApp telah mulai merilis update melalui Play Store dengan update versi 2.19.308.

WhatsApp Hadirkan Fitur Fingerprint Lock Pada Update Terbarunya Untuk Versi Android

Untuk pengguna yang ingin menggunakan fingerprint lock ini dapat mengunjungi langsung Play Store untuk melakukan pembaruan WhatsApp teranyar ini.

Fitur fingerprint lock dapat ditemukan pada menu "Privacy" yang dapat diakses melalui menu "Account" pada halaman pengaturan WhatsApp. Setelah masuk kedalam halaman "Privacy" maka akan ditemukan "Fingerprint Lock" yang dimana berfungsi untuk mengaktifkan fitur ini.

Sebelum dapat menggunakan fitur ini, pengguna sudah harus mendaftarkan sidik jari mereka terlebih dahulu. Cara untuk mendaftarkan sidik jari tersebut hampir sama dengan pendaftaran sidik jari di ponsel yang dimana pengguna juga akan diminta untuk memasukan fitur keamanan lainnya seperti Pattern ataupun PIN.

Setelah mendaftarkan semua itu, maka fitur fingerprint lock dari WhatsApp ini dapat digunakan.

Nantinya juga akan ada pilihan jeda waktu untuk mengunci WhatsApp. Pilihan waktu yang diberikan bervarisi antara satu menit hingga 30 menit.

Selain fitur fingerprint lock ini, pengguna juga dapat mengatur secara lebih detail apakah isi chat yang masuk akan memunculkan notifikasi atau tidak. Hal ini dapat meminimalisir keisengan orang sekitar yang terkadang mengirim pesan tidak penting dalam jumlah banyak.

Perlu diingat, walaupun terkesan aman dan hanya pemiliknya yang dapat membuka kunci tersebut, WhatsApp telah menyisipkan beberapa kondisi khusus untuk dapat membuka kunci tersebut tanpa verifikasi.

Salah satunya adalah "Quick Reply" yang dimana pengguna dapat membalas pesan secara cepat dan langsung tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp. Selain itu juga ada fitur panggilan yang dimana bisa langsung diangkat tanpa perlu adanya verifikasi sidik jari.

Post a Comment