Apple Siapkan Sensor Pemindai Sidik Jari Optik Pada iPhone 12

Dikabarkan Apple telah mendaftarkan hak paten sidik jari optik yang akan dipasang pada ponsel baru mereka yang akan dirilis tahun depan yaitu iPhone 12.

Hak paten ini akan sekaligus menjadi jawaban atas beberapa pertanyaan yang menjurus pada teknologi keamanan yang digunakan oleh Apple pada iPhone generasi berikutnya.

Dilansir dari laman Slash Gear, beberapa pengamat teknologi terutama gadget memprediksi bahwa fitur Face ID yang dimiliki oleh Apple tidak akan menjadi satu-satunya sistem keamanan yang akan digunakan pada iPhone 12.

Apple Siapkan Sensor Pemindai Sidik Jari Optik Pada iPhone 12

Sejak merilis iPhone X, Apple sesungguhnya telah menggunakan fitur Touch ID dan juga menggunakan sistem pengenalan wajah yang disebut Face ID pada hampir semua perangkat yang mereka kembangkan.

Berdasarkan pada paten yang diungkap oleh Patently Apple, sebuah laman yang fokus pada produk Apple, raksaksa teknologi Amerika Serikat tersebut akan menggunakan sensor sidik jari yang baru.

Berbeda dengan produk Apple sebelumnya, paten ini memperlihatkan bahwa sensor sidik jari baru ini kemungkinan akan berada di bawah layar iPhone 12 alih-alih pada tomboh tengah. Langkah ini diambil Apple untuk mengejar ketinggalan dari merek China yang telah menggunakan sensor sidik jari in-display sejak dua tahun lalu.

Walaupun terkesan terlambat dalam mengadopsi teknologi ini, Apple sesungguhnya telah mengajukan paten pemindai sidik jari yang ada dibawah layar sejak 2017 akan tetap hanya saja mereka baru memperoleh lisensi tersebut pada akhir tahun ini.

Lebih jauh mengenai paten yang diajukan, paten ini memperlihatkan sensor gambara optik yang ada di bawah layar yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi data gambar biometrik pengguna. Kemampuan ini hampir sama dengan sensor ultrasonik yang ada pada Samsung Galaxy S10 Series.

Post a Comment