iOS 13 Peringatan Pengguna Mengenai Pelacakan Data

Apple pertama kami memperkenalkan iOS 13 pada September lalu dan yang menjadi salah satu perhatian dari Apple pada update sistem operasi terbaru ini adalah mengenai privasi dari data pengguna.

Salah satu fitur dari iOS terbaru ini memberikan pengingat kepada pengguna mengenai berapa kali sebuah aplikasi dapat melacak lokasi pengguna selama tiga hari ke belakang.

Salah satu contoh pengaplikasian dari fitur ini adalah notifikasi yang berbunyi "Google Maps menggunakan lokasi pengguna sebanyak 120 kali selama tiga hari terakhir. Apakah pengguna ingin melanjutkan untuk mengizinkan penggunaan lokasi pada latar belakang?"

iOS 13 Peringatan Pengguna Mengenai Pelacakan Data

Karena notifikasi ini, dapat dikatakan bahwa pengguna menjadi sedikit ketakutan jika lokasinya dapat dilacak.

Akhirnya para pengguna perangkat Apple dengan iOS 13 ini telah dapat memblokir izin dari pelacakan aplikasi seperti Google Maps pada perangkat mereka masing-masing.

Informasi mengenai pelacakan ini diungkap oleh WSJ yang mengutip sebuah firma teknologi bernama Location Sciences yang melakukan verifikasi akurasi dan kualitas data lokasi yang akan digunakan untuk membuat iklan tertarget berdasarkan pada wilayah perangkat.

Hal ini menyiratkan bahwa pengguna iPhone tidak mengetahui bahwa lokasi mereka selama ini telah dilacak dibelakang oleh beberapa aplikasi yang terpasang di perangkat mereka. Semenjak ada notifikasi ini, para pengguna akhirnya mengetahui pelacakan ini.

Walaupun begitu, pelacakan data ini dianggap bukanlah bentuk pelanggaran privasi data akan tetapi lebih ke penyalahgunaan data. Pasalnya beberapa aplikasi dibutuhkan lokasi pengguna dan selama ini memang beroperasi seperti ini.

Salah satu aplikasi yang dimaksud adalah Life360 yang dimana merupakan aplikasi untuk mencari lokasi ambulance ketika terjadi kecelakaan. Aplikasi lainnya adalah Tile yang memiliki fitur untuk melacak lokasi bepergian dari pengguna sehingga jika ada barang yang hilang dapat langsung mengetahui arah pencariannya.

Berbanding terbalik, aplikasi buatan Apple sendiri yaitu Find My tidak memberikan notifikasi kalau aplikasi pencari perangkat hilang tersebut secara konstan melacak lokasi dari pengguna.

Post a Comment