iPhone XR Dominasi Pasar Smartphone Untuk Tahun 2019

iPhone XR dilaporkan mendominasi pasar smartphone pada tahun lalu. Hal ini dilaporkan oleh Omdia pada laporan Smartphone Model Market Tracker.

Omdia didalam laporannya mengungkapkan bahwa pengapalan iPhone XR berada di angka 46,3 juta unit pada tahun lalu. Angka tersebut membuat iPhone XR menjadi perangkat smartphone dengan pengapalan tertinggi pada tahun lalu menurut Omdia.

Untuk posisi kedua ditempati oleh iPhone 11 dengan jumlah 37,3 juta unit. Samsung menempati posisi ketiga dengan jumlah 30,3 juta unit untuk seri Galaxy A10.

Pada posisi keempat dan kelima juga diisi oleh Samsung dengan Galaxy A50 dengan 24,2 juta unit dan A20 dengan 19,2 juta unit.

iPhone XR Dominasi Pasar Smartphone Untuk Tahun 2019

Untuk peringkat keenam hingga kesepuluh menurut Omdia adalah iPhone 11 Pro max, iPhone 8, Redmi Note 7, iPhone 11 Pro dan Galaxy J2 Core.

Omdia menilai bahwa jajaran smartphone Apple secara konsisten berada di daftar 10 besar smartphone dengan pengapalan terbanyak. Pada tahun lalu, iPhone 8 berada di posisi puncak.

"Apple secara konsisten berada di posisi pertama dan kedua dalam peringkat pengapalan untuk model smartphone dengan perusahaan mempertahankan posisi dengan mendominasi selama lima tahun terkahir," kata Direktur Analisis dan Riset Omdia, Jusy Hong.

"Dengan membatasi jumlah model yang ditawarkan dibandingkan para pesaing utamanya, Apple telah dapat memusatkan penjualan perangkatnya pada beberapa smartphone yang memiliki pangsa pasar yang luas seprti XR," jelasnya.

Perusahaan analisis ini mencatat bahwa pengapalan iPhone secara keseluruhan turun untuk kali keduanya dalam beberapa tahun sebesar 4,6 persen pada tahun 2019. Akan tetapi angka tersebut merupakan peningkatan dibandingkan tahun 2018.

Omdia adalah perusahaan analisis yang baru dibentuk yang berasal dari merger antara divisi riset Informa Tech dan mengakuisisi aset riset teknologi yang dimiliki oleh IHS Markit.

Post a Comment