Ini Alasan Dibalik Hilang AnTuTu Di Google Play Store

Beberapa waktu yang lalu, aplikasi benchmark AnTuTu disebutkan menghilang dari Google Play Store. Total ada tiga aplikasi dari AnTuTu yang hilang dari toko aplikasi untuk Android tersebut tanpa adanya alasan yang jelas.

Terbaru adalah alasan dibalik hilangnya tiga aplikasi yaitu AnTuTu, AnTuTu 3DBench dan AiTuTu Benchmark mulai jelas. Menurut sebuah laporan bahwa hilangnya ketiga aplikasi ini memiliki hubungan dengan Cheetah Mobile.

AnTuTu dianggap menjadi bagian dari Cheetah Mobile yang telah beberapa kali di hapus oleh Google dari Play Store karena dianggap melanggara aturan yang ada.

Menanggapi hal ini, pihak AnTuTu mengatakan terdapat kesalahpahaman terkait dua perusahaan tersebut. Alasannnya, akun AnTuTu dan Cheetah Mobile tidaklah saling terkait walaupun perusahaan tersebut adalah pemegang saham.

Ini Alasan Dibalik Hilang AnTuTu Di Google Play Store

"Cheetah Mobile berinvestasi pada kami pada tahun 2014 dan menjadi salah satu pemegang saham sejak itu. Akan tetapi, kami masih menyimpan akun saham kami dan mengoperasikannya secara independen termasuk akun Google Play sendiri," kata CEO AnTuTu, Zhao Chen.

Zhao menjelaskan bahwa AnTuTu sendiri dibangun pada tahun 2011, jauh sebelum Cheetah Mobile. Terlebih, Cheetah Mobile tidaklah pernah menyentuh akun AnTuTu dan mereka tidak pernah mempromosikan apapun dari Cheetah Mobile.

"Kami percaya alasan kesalahan penilaian Google ini karena kami menggunakan layanan legal yang dimiliki oleh Cheetah Mobile sehignga tautan aturan privasi kami menggunakan alama yang ada di cmcm.com. Ini yang seang kami benahi termasuk dengan mengganti layanan legal," jelas Zhao.

Tidak hanya itu, Zhao juga membahas mengenai posisi chairman AnTuTu Technology, Fu Sheng yang masih menempati posisi CEO Cheetah Mobile. Ia menjelaskan bahwa itu karena memang kebutuhan dari peraturan perusahaan yang ada di China.

"Fu Sheng sendiri tidak terlibat didalam operasi AnTuTu. Kami juga telah menginformasikan hal ini kepada Cheetah Mobile untuk menyelesaikan masalah tersebut," lanjut Zhao.

Untuk itu, Zhao mengharapkan Google dapat mengembalikan akun AnTuTu dan dapat menyelesaikan masalah ini dalam waktu yang dekat. Google Sendiri hingga saat ini belum merespon permintaan tersebut

Seperti yang diketahui bahwa AnTuTu merupakan aplikasi yang dimiliki oleh Cheetah Mobile. Adapun Cheetah Mobile adalah studio pengembangan aplikasi yang memiliki reputasi yang buruk dan cenderung destruktif.

Mereka dikethaui sering membeli aplikasi yang sukses dan mengubahnya menjadi mesin untuk mengumpulakn data pengguna dan memaksa pengguna menggunakan fitur in-app purchase untuk dapat menggunakan aplikasi yang mereka miliki.

Perusahaan juga sering berselisih dengan kebijakan yang ada di Google Play Store akan tetapi selalu dapat menemukan jalan kembali ke platform Play Store.

Google sepertinya telah bosan dengan hal ini dan memutuskan untuk melarang secara penuh produk yang dimiliki dan dikembangkan oleh Cheetah Mobile.

Post a Comment