Microsoft Rilis Preview Untuk Aplikasi Antivirus Defender Versi Android

Februari lalu, Microsoft mengatakan bahwa mereka akan merilis aplikasi antivirus Defender besutan mereka untuk perangkat Android dan iOS. Microsoft saat ini telah mulai mendistribusikan versi public review aplikasi ini untuk pengguna Android.

Antivirus Defender bukan ditargetkan utnuk pengguna umum akan tetapi bagi kalangan korporat yang berlangganan Microsoft Defender Advanced Threat Protection (ATP) yang merupakan platform keamanan berbasis manajemen perangkat mobil bagi perusahaan atau korporasi.

Perusahaan pelanggan Defender ATP akan memperoleh sebuah opsi baru pada dashboard yang membuat pemasangan aplikasi antivirus Defender pada perangkat Android milik pelanggan dapat dilakukan.

Microsoft Rilis Preview Untuk Aplikasi Antivirus Defender Versi Android

Defender sendiri memiliki cara yang hampir sama dengan aplikasi antivirus lain pada umumnya. Aplikasi ini dapat mendeteksi keberadaan dari malware ataupun program berbahaya lainnya.

"Jika sebuah palikasi aman dan dapat diunduh, end user akan memperoleh notifikasi yang memberitahukan bahwa aplikasi tersebut bersih," kata Kanishka Srivastava, Senior Program Manager Microsoft.

"Jika Microsoft Defender ATP menemukan terdapat aplikasi berbahaya terpasang pada perangkat maka sistem akan memasukan perangkat tersebut kedalam kategori 'berisiko tinggi' dan menandainya pada Microsoft Defender Security Center," kata Srivastava.

Perangkat yang dimasukan kedalam kategori ini lalu tidak akan dapat mengakses data atau file yang dimiliki oleh perusahaan seperti yang tersimpan pada server Outlook ataupun OneDrive.

Selain memiliki fungsi untuk mendeteksi program jahat, Defender juga dapat menangkal upaya phising berupa pengiriman tautan berbahaya melalui e-mail, SMS, WhatsApp akan secara otomatis diblokir oleh Defender.

Microsoft berencana untuk menambahkan kemampuan dari Defender dalam beberapa bulan kedepan. Versi preview untuk iOS akan menyusul pada tahun ini.

Post a Comment