Apple Hapus 4.500 Aplikasi Game Di App Store China Karena Perubahan Regulasi

Apple menghapus 4.500 aplikasi game dari semua toko aplikasi App Store China. Penghapusan ribuan aplikasi ini dilakukan karena adanya desakan dari pemerintah China dengan tujuan mematuhi internet yang ada di negara tersebut.

Sebelumnya pada minggu lalu, lebih dari 3.000 game telah dihapus dari App Store China hanya dalam waktu 2 hari. Penghapusan ini disebutkan sebagai penghapusan terbesar yang pernah dilakukan oleh Apple di App Store.

Penghapusan ribuan game ini dilakukan karena adanya regulasi baru yang mengharuskan para pengembang game memperoleh persetujuan dari regulator China sebelum dapat meng-upload game yang mereka kembangkan ke App Store China.

Apple Hapus 4.500 Aplikasi Game Di App Store China Karena Perubahan Regulasi

"Kami melihat jumlah game turun setiap harinya di App Store China sejak Apple mengikuti regulasi baru ini per 1 Juli lalu. Sedihnya, karena China hanya meyetujui sekitar 1.500 izin game dalam setahun maka proses ini tentunya membutuhkan waktu antara 6-12 bulan, sebagian aplikasi akan menunggu dalam waktu yang lama untuk dapat diizinkan kembali tersedia di App Store," kata Manager Pemasaran App Store di China, Todd Kuhns.

Secara total, dari 4.500 game yang dihapus tersebut, 1.500 dihapus pada 1 juli, 1.805 game dihapus pada 2 Juli dan sisanya dihapus pada 3 Juli.

Bahkan diperkirakan akan ada lebih dari 20 ribu aplikasi yang terdampak oleh regulasi baru pemerintah China ini.

Untuk Apple, China adalah pasar terbesar untuk App Store. Menurut data dari Sensot Tower, penjualan aplikasi yang ada di App Store mencapai 16,4 miliar dollar AS per tahun. Sementara untuk Amerika Serikat, penjualan App Store justru lebih rendah yaitu 15,4 miliar dollar AS per tahun.

Di China sendiri, Apple memiliki jumlah game sebanyak 60 ribu yang memiliki potensi untuk in-app purchase.

Berdasarkan riset dari rima Newzoo, iOS berpotensi untuk memperoleh 53 persen dari total pendapatan game mobile di China. Secara jumlah, nilainya mencapai 13 miliar dollar AS.

Post a Comment